Kamis, 05 Januari 2012

Asal Mula Manga ( Komik ) Di Jepang

Perkembangan suatu hal tentu tak lepas begitu saja dari perjalanan masa lalunya, dan kejayaan masa lalu . Komik merupakan salah satu sinyalir "perekat budaya", komik melangsungkan evolusinya bersama- sama dengan berjalannya peradaban manusia. Kata 'komik' tersebut tidaklah berdiri sendiri, kata komik muncul pertama kali dengan ekornya 'strip' ( the comic strip) dan ia bukan pula merupakan suatu bentuk seni yang sama sekali baru seperti yang suka diangkat sebagian orang, komik diibaratkan sebuah perayaan atas kematian yang brilian dari konsepsi artistik yang sudah usang(out of date)
Secara naif biasanya komik strip di anggap mirip dengan narasi grafis (graphic narration). Kebiasaan ini adalah upaya menyetarakan komik dengan model awal narasi visual seperti gambaran/relief di Trajan Column atau Queen Mathilde’s, berikut pula contoh lainnya seperti lembaran-lembaran papirus Mesir, Bayeux Tapestry, novel cukilan kayu. Gambaran terdekatnya pada kita dapat di temui pada relief candi Borobudur dan Prambanan yang terkenal, secara spesifik Indonesia mempunyai Wayang Beber di Jawa, yang menggunakan teknik bercerita dengan gambar adegan per adegan. Dalanglah yang menarasikan satu persatu gulungan wayang beber dan menjalin kisah di dalamnya. Ada juga Prasi, ilustrasi dan lukisan dari daun lontar di Bali. Dan yang mendekati adalah ilustrasi naratif manuskrip Jawa yang banyak ditemukan berasal dari pertengahan abad ke 19, seperti Serat Rama Kawi, Serat Bratayuda, Serat Panji Jayakusuma, Serat Damarwulan . Tarik mundurlah lebih jauh lagi hingga ke lukisan dinding zaman pra-sejarah dan kita mempelajarinya sebagai sebuah arkeologi komik. Membedakan antara ‘komik’ dan model awal 'narasi visual' yang disebut-sebut itu, sedikit mirip seperti menganalogikan perbedaan 'sinema/bioskop/ layar tancap' dengan ‘wayang’(shadow teater/puppet); meski film atau animasi dapat di wayang-kan seperti dilakukan Lotte Reiniger(animator) , namun secara eksplisit kita bisa cukup jelas dalam membedakan keduanya.

Abad ke 19 di Eropa tercatat banyak eksplorasi dari narasi-narasi bergambar (illustrated narratives), yang beriringan dengan perkembangan teknologi cetak seperti zincography dan photoengraving. Tapi narasi itu, yang disebut "Images d’Epinal" di Perancis dan "Bilderbogen" di Jerman, masih menempatkan "jarak" antara teks dan gambar. Secara artistikal puncaknya kreasi cerita gambar (picture stories) ini dibuat oleh Rodolphe Toppfer dan Wilhelm Busch. Di abad-abad sebelumnya telah berlangsung eksprimen-eksperimen yang untuk sementara waktu terlihat antara teks dan ilustrasi berjalan di jalur yang berbeda, sampai akhirnya hadirlah ilustrasi cerita karya William Hogarth di tahun 1730-an yang menyatukan keterpisahan antara teks dan gambar, ke dalam satu jalinan cerita. Hogarth membuat sealami mungkin rangkaian adegan(sekuensial) dari sebuah visual naratif, dengan melukisan adegannya seolah-olah berada pada sebuah aksi panggung. Alhasil timbullah kesan dramatikal yang memikat. Apa yang Hogarth lakukan masa itu merupakan sesuatu hal yang sungguh berbeda dari cara mengillustrasi yang lazim di zamannya, sehingga dari sanalah diberikan sebutan yaitu "kartun(cartoon)". Konsepsi berupa setting antara teks dan gambar yang ia buat itu kelak akan menggiring adanya temuan sistematis penggunaan balon kata. Diduga konsepsi semacam ini berlanjut menelurkan asal-usul bentuk komik seutuhnya yaitu 'komik strip'.

Menjelang pergantian akhir abad ke 19, lahirnya bentuk budaya baru yang disebut komik ini, maka mulailah tampil ke depan pintu zaman sebuah model ekspresi baru yang populer. Menyandingkan pepatah Konfusius yang berbunyi, "A Picture means A Thousand Words", komik mendapatkan induksi pemaknaan yang lebih berarti sebagai sebuah media penyampai pesan yang memadukan teks narasi dan ilustrasi gambar. Sebagaimana yang diupayakan Will Eisner, seorang komikus Amerika yang sukses mengembangkan komik dalam bentuk yang ia sebut-sebut novel grafis (graphic novel), dimana dalam pandangannya buku komik merupakan montase kata dan gambar dimana seorang pembaca harus melatih kemampuannya menginterpretasikan hal-hal secara verbal dan visual bersamaan.

Jepang menyimpan penamaan tersendiri untuk komik yaitu 'Manga', dengan huruf kanji yang sama di Cina disebut Man Hua. Sebelumnya sempat di kenal sebutan Ponchi-e (istilah untuk gambar-gambar dari majalah Punch yang terbit pertama kali tahun 1814 di Inggris) dan juga komikkusu (mengadaptasi dari kata comics). Asal usul istilah Manga sendiri tidak ada keterkaitan spesifik dengan pengertian manga sebagaimana kita kenal sekarang ini sebagai sebutan untuk komik ala Jepang. Dahulu pada tahun 1814, jilid pertama “Hokusai Manga” diterbitkan, isinya adalah sketsa-sketsa Katshuhika Hokusai(1760-1849), seorang artis ukiyo-e (seni cukil kayu Jepang) yang terkenal, diterbitkan sebanyak 15 jilid. Tak ada gerak-gerik manusia yang luput dari ketajaman observasi matanya dan goresan kuasnya yang ekspresif. Hokusai menggambarkan obyektifitas pandangannya tentang kemanusiaan dari sisi yang humoris . Artis lain yang dinilai punya peran penting pada dunia komik Jepang adalah Yoshitoshi Tsukioka (1839-1892) artis ukiyo-e generasi akhir masa Meiji, adalah artis yang sangat baik melukiskan monster, makhluk aneh dan fantasi.

Konotasi manga kala itu disamakan dengan cartoon, dengan caranya sendiri-sendiri William Hogarth dan Katshuhika Hokusai melahirkan bentuk ilustrasi yang berbeda dari umum di tempat dan zamannya masing-masing. Adalah Rakuten Kitazawa(1876-1955) yang kemudian menjeneralisirkan penggunaan istilah Manga sebagai pengertian untuk kartun dan komik strip di Jepang, melalui suplemen hari minggu di harian Jiji Shinpou. Karya-karyanya masih sangat kental di pengaruhi oleh Outcoult, Dirks dan Opper. Tahun 1918 ia mendirikan Manga Kourakukai, sebuah asosiasi kartunis Jepang. Kitazawa adalah seorang pionir komik strip modern Jepang. Sekarang kartun/karikatur dan manga, mempunyai dunianya masing-masing dalam Jepang kontemporer.
Tradisi literatur atau sastra Jepang yang memikat dan biasanya berupaya menggiring emosional pembaca sehingga larut terbawa dalam imajinasi dan suasana cerita, tampaknya merupakan dasar kuat bagi kelanjutan perkembangan teknik bercerita dalam manga. Osamu Tezuka, yang dijuluki ‘The God of Manga’ yang tertarik sekali dengan desain karakter kartun Disney dan Max Fleischer, kemudian mengembangkan karakter individunya kedalam karya manga dan anime(sebutan khas animasi produksi Jepang) yang karena kepopulerannya, melanda berikutnya ke generasi-generasi selanjutnya hingga kini. Tezuka juga mendapatkan inspirasi dari film-film Jerman dan Perancis yang ia tonton semasa remaja, membawanya pada eksperimen teknik sinematografis masuk ke dalam manga Jepang, diantaranya melalui penciptaan efek-efek kesan ruang dan kedalaman, teknik 'passing' adegan, gerak dinamis dan slow motion, ritme cerita yang mendebarkan, dan alur cerita yang mengasyikkan dan tak harus selalu berakhir gembira. Beberapa efek sinematografis yang ia masukkan ke dalam manga adalah seperti pengambilan adegan dalam framing yang transisi obyeknya berubah perlahan-lahan. Semacam kesan zooming, pengambilan shoot gambar yang detail dari sudut ke sudut suatu obyek.

Jepang kontemporer mengandung banyak unsur campuran berbagai kebudayaan impor. Dimana di dalam pencampuran itu masih selalu terlekat erat esensi unsur yang menunjukkan tradisi ke-Jepangan-nya, misalnya saja kultur Jepang yang sangat menghemat ruang dan kompak, filosofis hidup ajaran Zen dan Konfusius, terlihat mempengaruhi lahirnya komposisi dan struktur lay-out manga yang efektif dan efisien dalam menggunakan bidang kertas terbatas namun tetap dijaga kejernihannya.

Sejarah Awal Asal Muasal Manga

Akhir abad ke-7, ditemukan citra si bodoh dari manusia dan hewan ditemukan pada dinding di dua kuil suci di Nara. Citra tersebut diduga telah ditinggalkan oleh para pekerjanya.
Abad ke-12, Chojugiga dipercaya telah diciptakan. Chojugiga adalah serial empat gulungan naskah yang dicat monokrom, melukiskan "gambar-gambar jenaka dari burung dan hewan", yang merupakan terjemahan dari namanya.
Periode Kamakura (1123-1333), naskah-naskah dengan ilustrasi yang melukiskan surga, manusia, Ashura (raksasa), binatang, arwah-arwah penasaran dan neraka - enam paham Budhist mengenai terjadinya alam - semakin sering terlihat. Gaya kartun sering dipakai walau seserius apapun isi naskah tersebut.
Dalam periode ini, naskah-naskah yang menggambarkan perilaku seputar nafsu birahi mulai muncul. Ini terbawa ke komik-komik masa kini dimana banyak lelucon-lelucon kasar dan adegan seksual.

Abad ke-15, warna menjadi dominan dan riang. Cerita-cerita hantu dan setan tetap menjadi tema utama dalam naskah-naskah saat itu.
Awal abad ke-17, proses pencetakan "wood-block" disempurnakan.
Abad ke-17, sebuah bentuk kartun keagamaan dikembangkan. Zenga, atau "gambar-gambar zen", melukiskan masalah-masalah serius dengan warna humor. Kesederhanaan seni Jepang terbukti di sekitar era ini.
Pertengahan abad ke-17, Otsu-e ("gambar Otsu") muncul. Gambar-gambar sederhana yang melukiskan wanita-wanita cantik, pejuang dan setan dalam pakaian pendeta diproduksi secara massal oleh pelukis-pelukis di kota Otsu, dekat Kyoto. Mereka melukis dengan warna blok yang kuat menggunakan pola-pola kertas dan kemudian menambahkan detil dengan kuas dan/atau tinta.
Periode Edo (1600-1867), Ukiyo-e, gambar-gambar cetakan "woodblock" yang monokrom dan kasar menjadi trend, melukiskan subyek-subyek seksual dan sensual. Gaya tersebut kemudian berkembang, pelukisan citra dari peristiwa sejarah, idola teater, busana dan atraksi turis yang populer. Beberapa aspek dari komik-komik aksi modern dapat dilacak berasal dari Ukiyo-e ini.
Seorang master Ukiyo-e bernama Hokusai (1815), adalah yang pertama kali memakai istilah manga, yang bila diartikan secara bebas berarti "gambar-gambar tak bertanggung jawab".
Komik musim semi atau "shunga", juga semakin banyak. Lukisan-lukisan pornografi ini ,yang melukiskan pria dan wanita dalam segala macam posisi seksual dengan anatomi yang dilebih- lebihkan, sering menjadi sasaran penyensoran oleh pihak yang berwenang, sebuah praktek yang terus berjalan sampai sekarang.
Juga dalam periode ini citra-citra "woodblock" dikumpulkan dan dibentuk menjadi apa yang dapat dianggap sebagai buku komik pertama didunia. Namun mereka memakai kepala karangan dibanding balon-balon dialog, dan tidak memiliki panel seni yang berurutan.
1702, Shumboku Ooka membuat sebuah buku kartun melukiskan kehidupan sehari-hari dan memulai kesukaan itu. Buku-buku kecil itu, yang disebut Toba-e, dicetak monokrom dan disertai dengan teks.
Ini diikuti oleh kibyoshi, atau buku "sampul kuning", yang dapat dianggap sebagai serial buku kartun pertama. Kibyoshi ini memiliki jalan cerita yang kuat dan seni yang bercerita. Kelahiran fenomena komik Jepang dapat dilacak dari bentuk-bentuk seninya di masa ini.


Kebangkitan Komik Jepang


Industri komik di Jepang sangat besar sehingga mengatasi dua negara industri komik besar lainnya yaitu Amerika Serikat dan Perancis.
Ada banyak majalah di Jepang yang dipersembahkan secara eksklusif untuk manga namun sulit untuk memberikan angka yang pasti, apalagi dengan adanya perusahaan-perusahaan penerbitan kecil yang mengeluarkan majalah secara bergantian. Pusat dari industri penerbitan di Jepang terdiri dari sekitar 13 majalah manga mingguan yang diterbitkan oleh penerbit besar sendirian, seiring dengan 10 dwimingguan dan tepatnya 20 bulanan yang berpengaruh. Pada suatu waktu ada paling tidak 10 majalah yang mengeluarkan lebih dari sejuta eksemplar dari tiap edisi. Lalu ada satu majalah non-manga yang dapat mengklaim memiliki lebih dari sejuta pembaca.

Penjualan tahunan manga selama 1990 ada dalam lingkup 680 milyar yen, termasuk 350 milyar di penjualan majalah dan 250 milyar pada paperback. Ini tidak termasuk penjualan manga dalam majalah-majalah umum dan koran-koran. Total penjualan barang-barang terbitan di Jepang (termasuk buku dan majalah namun tidak termasuk koran) adalah dua trilyun lima ratus milyar yen, dari mana penjualan manga terhitung hampir seperempatnya. Dengan jumlah penduduk Jepang 120 juta jiwa, dapat kita hitung bahwa rata-rata orang Jepang menghabiskan tepat 2,000 yen tiap tahunnya untuk manga dalam satu bentuk atau yang lain.
Tiga rumah penerbitan terbesar yang memproduksi manga adalah Kodansha, Shogakkan, dan Shueisha. Ditambah beberapa firma yang mendekati di peringkat kedua, termasuk Akita Shoten, Futabasha, Shonen Gahosha, Hakusensha, Nihon Bungeisha, dan Kobunsha. Ini tanpa menyebut firma-firma kecil yang tak terhitung banyaknya. Perusahaan-perusahaan besar yang disebut diatas juga menerbitkan majalah-majalah dan buku diluar manga.
Diperkirakan ada sekitar 3,000 artis manga profesional di Jepang. Semuanya telah menerbitkan paling tidak satu volume manga, tapi kebanyakan dari mereka memperoleh penghidupan dari menjadi asisten artis manga yang telah terkenal atau dari sumber pendapatan yang lain. Hanya 300 dari mereka, atau 10 persen total, sanggup memiliki penghidupan diatas rata-rata hanya dari manga. Tambahan, juga ada banyak artis manga amatir yang memproduksi doujinshi, yaitu majalah kecil yang diedarkan dikalangan tertentu. Doujinshi sendiri memiliki terjemahan kasar "majalah komik kawan-kawan". Setiap bulan muncul katalog untuk doujinshi ini, dan terdapat antara 5,000 sampai 10,000 macam doujinshi, itu pun yang terdaftar.


Karakteristik Manga


Manga dibedakan dari "saudara"nya di Barat menurut karakteristik-karakteristik berikut ini.
Serialisasi yang kuat dalam majalah-majalahnya.
Amatlah jarang ada manga di Jepang yang dibuat untuk publikasi dalam bentuk buku.Umumnya manga pertama-tama menjadi sebuah serial sisipan sebanyak dua puluh sampai tiga puluh halaman baru kemudian dikompilasi menjadi sebuah buku. Karena aslinya diterbitkan dalam majalah, manga cenderung hitam putih. Karya-karya populer dapat diserialkan setelah beberapa tahun dan menjadi lusinan volume ketika telah diterbitkan dalam bentuk buku. Sebagai contoh Dragon Ball, menjadi serial di majalah JUMP terbitan Shueisha sejak 80'an, namun baru tamat, di majalah itu juga, tahun 90'an.
Pembagian sasaran pembaca berdasar usia dan jenis kelamin


anak kecil membaca manga
Manga dapat dibagi kedalam beberapa kategori bergantung pada usia pembaca yaitu ; majalah anak-anak (yonenshi), majalah remaja (shonenshi), dan majalah "kawula muda" (yangushi, juga dikenal sebagai seinenshi) yang menarik pembaca dari usia akhir remaja sampai akhir 20'an. Kelompok yang kedua termasuk majalah dewasa (dikenal sebagai seinenshi, dimana seinen mengacu pada dewasa daripada orang muda, atau otonashi) yang ditujukan untuk pemirsa yang lebih dewasa dengan tanpa batas usia. Manga yang diperuntukkan untuk wanita juga dibagi berdasar umur menjadi manga gadis remaja (shojoshi) dan komik "ladies" (berdasarkan kata Inggris "ladies" yang dibaca secara Jepang menjadi "redizu"). Manga untuk wanita ditandai dengan penggambaran karakter yang dibuat-buat dan tata bahasanya tersendiri atau "frame syntax".


seseorang membaca manga

bisnisman membaca manga

seorang gadis membaca manga

pelajar SMA membaca manga

pelajar membaca manga

wanita membaca manga
Disebut stourii-man, atau manga yang bercerita, lebih berkembang di Jepang daripada komik- komik satu- atau empat-bingkai, dan mencapai tingkat kemahiran dan pengalaman yang membuatnya sering dibandingkan dengan film. Ketika elemen komposisi utama dalam film adalah pemotongan (cut), dalam manga fungsi ini dipenuhi oleh bingkai atau koma. Pengaturan koma yang mahir memungkinkan visualisasi yang tak terlihat dari cerita. Dimana komik-komik cerita Barat cenderung dikendalikan oleh tema, sutourii-man Jepang lebih pada membebaskan perkembangan karakter. Dalam manga Jepang, tema dibuat cukup jelas lewat kata-kata dan aksi dari karakter- karakternya, sehingga pembaca bisa mengalami temanya melalui proses identifikasi secara psikis dengan tokoh protagonis. Kesuksesan dari metode ini yang diperhitungkan atas kepopuleran yang luar biasa dari aliran manga.
Istilah
Komik di Jepang disebut sebagai "manga". Ada pula beberapa penerbit yang salah menggunakan istilah komikku, yaitu bahasa Inggris "comic' yang dibaca secara Jepang. Namun para pembaca di Jepang lebih suka memakai istilah Jepang sendiri yaitu manga. Walau biasanya ditulis dalam huruf katakana, "comic" sebenarnya terdiri dari dua huruf China yang berati citra yang dimainkan, dan aslinya mengacu ke gambar-gambar pintar atau satiris. Namun perkembangan dramatis dari manga kontemporer mulai akhir tahun 1960an membawa perluasan subyek diluar satir dan komedi. Demi meliputi subyek yang makin luas ini maka istilah ini mulai ditulis dalam tulisan fonetik untuk menghindari kesimpulan yang lebih sempit dari ideogram Jepang-Sino. Di Barat juga manga Jepang sering lebih diutamakan ditulis dalam istilah asli yang ditulis dalam huruf Roman untuk memisahkan manga sebagai aliran yang unik dan penting.

seorang tunawisma menjual manga






Macam Macam Manga


Ternyata ada banyak loh….. jenis-jenis manga. Berikut macam-macam manga semoga bermanfaat ya….
  • Shoujo:
manga yang khusus dibuat untuk pembaca remaja perempuan. Umumnya memiliki tokoh utama seorang gadis berwajah cantik, ceritanya pun seputar cinta yang penuh dengan romantisme ala anak muda. Kebanyakan bercerita tentang seputar pacaran para remaja. Contoh: sailor moon, shugo chara, fruit basket ultra cute, 12 sign of zodiac,  kitchen princess.
  • Shonen:
manga yang khusus dibuat untuk pembaca remaja laki-laki. Biasanya memakai tokoh laki-laki dan ceritanya cenderung ke genre petualangan dan action. Kadang di dalam manga jenis ini, bisa didapati adegan-adegan seru pertarungan antar tokoh. Contoh: naruto, bleach, eyeshild 21, death note, Black cat, Kuroshitsuji, D gray man, Detective conan, fullmetal alchemist.
  • Kodomo:
manga yang khusus dibuat untuk pembaca anak-anak. Cerita manga jenis ini sangat ringan dan biasanya lebih ke arah genre fantasi yang dikemas unik dan lucu. Contoh: doraemon, chibi maruko chan, monika.
  • Seinen:
manga yang khusus dibuat untuk pembaca pria. Di manga jenis ini, ceritanya bisa dibilang cukup kompleks dan terkadang banyak ditemukan adegan kekerasan yang sangat vulgar. contoh:  20th Century Boys, Monster, dan Dragon Head.
  • Josei:
manga yang khusus dibuat untuk pembaca wanita. Hampir sama dengan shoujo, tema cinta yang romantis masih dipakai di manga jenis ini, hanya saja ceritanya bukan lagi tentang cerita cinta ala gadis muda, tapi cerita cinta yang lebih kompleks pada wanita dewasa. Contoh: Here we are, Working Man
  • Hentai:
manga yang mengandung unsur pornografi. Di manga jenis ini bisa ditemukan banyak adegan seksual yang vulgar.
  • Jidaigeki:
manga yang mengandung unsur sejarah. Ceritanya ber-setting masa lampau dan terkadang ditemukan adegan-adegan perkelahian atau peperangan zaman kuno. Contoh: Vagabond, Lone Wolf and Cub, dan Rurouni Kenshin.
  • Mecha:
manga yang banyak bercerita tentang robot. Banyak adegan pertempuran antar robot di dalam manga jenis ini. Contoh: Patlabor, sakura wars, gundam seed, astro boy
  • Bishoujo
Bishoujo merupakan salah satu jenis manga yang cukup populer juga, dipenuhi hampir semua karakter (biasanya anak perempuan atau binatang) yang dibuat lebih imut dan menggemaskan. Conoh manga untuk kategori ini: Hello Kitty dan Hamtaro.
  • Bishonen
Bishounen merupakan Manga yang menggambarkan tipe lelaki yang ‘cantik’, menghilangkan sisi maskulin karakter pria-nya seta meningkatkan sisi feminin-nya. Manga yang masuk dalam kategori ini antara lain: Peach Girl dan X/1999, otomen
  • Doujinshi
Doujinshi adalah sebutan bagi manga yang dibuat oleh fans manga tersebut yang memiliki alur cerita atau ending yang berbeda dari manga aslinya. Para fans ini biasa mendistribusikannya dari tangan ke tangan, dijual secara indie di toko doujinshi, atau mengikuti konvensi akbar doujinshi yang biasa disebut Comiket. Disini dijual ribuan judul doujinshi tiap tahunnya. Pengunjungnya bisa mencapai 400.000 orang. Doujinshi sendiri kadang menjadi batu loncatan seseorang/kelompok untuk menjadi mangaka. Ken Akamatsu (Love Hina, Negima) juga sering membuat dojin karyanya sendiri. Manga yang bertema hentai biasanya adalah dojin dari manga tertentu yang sudah terkenal. Biasanya karakter manga tersebut memang didesain untuk jadi “sasaran” para dojin-ka (sebutan bagi para pembuat dojin, sama seperi manga-ka). Contoh: Noburo.
  • Shoujo ai
Shoujo Ai merupakan Manga yang menceritakan percintaan yang antara sesama jenis atau homoseksual/lesbi. Jenis Shoujo Ai ini menceritakan hubungan romantis antara sesama perempuan. Nama lain dari jenis manga ini adalah Yuri. Contoh: candy boy, sasameki koto, Kannazuki no Miko, Kashimashi ~Girl meets Girl~, Blue Drop
  • Shonen ai
Sama seperti jenis manga sebelumnya, Shonen Ai adalah tipe manga yang bercerita tentang hubungan sejenis, hubungan antar sesama lelaki. Nama lain dari jenis manga ini adalah Yaoi. Contoh: demon diary, legal drug, Junjo Romantica, Gakuen Heaven



Cara Menggambar Manga Jepang

Bagaimana cara menggambar manga?
Buat kawan semua yang pengen belajar Artikel ini mungkin dapat membantu atau Buat kamu yang menggambar manga secara otodidak artikel dibawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk membuat kualitas manga kamu menjadi lebih baik.
Untuk memulainya tentu saja kita siapkan material menggambarnya. Bukan Material Semen dll ! hahaha
Untuk berlatih kita cukup menggunakan kertas gambar seperti kertas Print aja, yang A4 kek. terserahlah. buat yang berduit bisa beli kertas yang rada mahalan dikit.
Untuk pensil alat dasar menggambar kita bisa menggunakan pensil normal untuk menulis, pensil menggambar, dan pensil mekanis,
semuanya baik untuk menggambar.
Beberapa jenis pensil yang bisa kita gunakan seperti berikut,
Jenis pensil dari terang ke gelap ----->

8H 7H 6H 5H 4H 3h 2H H HB B 2B 3B 4B 5B 6B 7b 8B
Dan tentu saja kita siapkan penghapus.
Apabila semua peralatan sudah kita siapkan mari kita mulai,

TIPS BIAR CEPET JAGO GAMBAR MANGA 

kawan, kalau mau cepat Jago.. usahakan jika udah menguasai bentuk-bentuk tubuh, benda dari Manga Jepang, sebaiknya gambarnya pakai Pulpen ( disarankan yang tinta cair seperti snowman 0,1 dll ). 


 

Kita mulai belajar Menggambar Kepala,
Beberapa trik untuk menggambar kepala anime


Menggambar Mata



Menggambar mata,untuk menggambarnya merupakan tantangan. Penting untuk menggambar mata dengan baik,
karena besarnya dan mata yang indah yang paling membedakan bahwa ini gambar manga !


Langkah awal menggambar mata di mulai dari menggambar garis batas mata bagian atas,
gambarkan bentuk alis dengan sedikit lengkungan.



Kemudian gambarlah garis batas mata bagian bawah, dengan panjang garis lebih pendek dari garis mata bagian atas
dan garis relatif lurus.


Gambarlah bulatan mata yang proposinal sesuai dengan bentuk mata. Untuk mata yang besar,
bulatannya cenderung memanjang searah vertikal


Gambarlah bulatan kecil di dalam bulatan mata untuk memberikan efek pantulan cahaya yang diterima oleh mata.
Sehingga mata lebih terlihat hidup.


Lengkapi gambar dengan menambahkan bulu mata kemudian goreskan garis halus untuk kelopak mata dan berikan warna hitam pada bulatan mata.
Tambahkan juga alis mata sesuai dengan bentuk matanya .

Semakin besar mata semakin detail pula yang harus mereka miliki.
Mata menunjukkan emosi. Emosi yang bisa senang, sedih, takut, jahat, gila, cinta, lelah, atau apapun.
Karakter yang senang atau bersalah memiliki banyak cahaya di mata mereka. Jahat dan marah memiliki karakter mata yang gelap.

Ekspresi Muka

Ekspresi sedih ditunjukan dengan pandangan mata yang kosong dan lemah. terpenting Liat bentuk alisnya Jika sedih bagaimana,
jika marah bagaimana, dst.







Ekspresi marah ditunjukkan dengan mendekatkan kedua alis   Sorotan pandangan yang tajam dan dingin pada lawan bicaranya. Ditambah pula dengan kerutan di dahi yang menampakkan kemarahannya.
 Berteriak merupakan salah satu bentuk marah yang paling gampang dipahami oleh orang.

Gambar ekspresi gembira ditunjukkan dengan menaikkan kedua alis.
Gambar mata yang besar dan berbinar-binar .
Gambar mulut seperti segitiga terbalik atau melengkung ke atas


Gambar di di bawah ini menunjukkan ekspresi terkejut , hal itu dapat diketahui dari bentuk bulatan mata yang mengecil
an digambarkan tidak ada efek cahaya dari bulatan mata.

Gambar di bawah ini menunjukkan ekspresi wajah yang tenang, ramah atau bahagia. Hal ini dapat diketahui dari bentuk mulut yang
digambarkan melengkung ke bawah dan pandangan mata yang digambarkan normal.
Berikutnya Menggambar Rambut,
Sebelum menggambar rambut, perlu diperhatikan terlebih dahulu jenis rambut yang akan digambar.
Misalnya jenis rambut lurus, keriting, bergelombang atau rambut acak.

Menggambar rambut Pria relatif lebih mudah dibandingkan menggambar rambut Wanita, hal ini disebabkan karena rambut pria tidak terlalu panjang,
tapi biasanya di gambar manga pria ada juga yang rambutnya panjang.




Manga Terpopuler Di Dunia

10. Hunter X Hunter




10. Hunter × Hunter adalah judul manga karya Yoshihiro Togashi, yang bercerita tentang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Gon Freecss, dan usahanya untuk menemukan ayahnya, Ging Freecss. Ging adalah seorang Hunter, yang dalam cerita Hunter x Hunter yaitu anggota dari suatu kelompok elit yang memiliki segala macam izin untuk melakukan apapun dimanapun


9. Air Gear


9.. Air Gear telah diserialisasikan di Weekly Shonen Magazine sejak 2002. Sekarang, sudah lebih dari 17 volume telah dirilis di Jepang oleh Shounen Magazine Comics. Serial ini juga dibuat versi musikalnya yaitu Musical Air Gear, yang memulai debutnya pada 7 Januari 2007 dan berlangsung sampai 21 Januari 2007. Versi ini mengadaptasi bebas dari manganya dan mirip dengan musikal dari Prince of Tennis dimana semua karakter wanita dihilangkan dari plot.


8. REBORN!


8. Katekyō Hitman REBORN!, atau di beberapa negara dikenal juga dengan nama Reborn! saja, adalah manga dan anime karya Akira Amano yang berjenis komedi dan action. Manga ini diterbitkan di Jepang oleh Jump Comics milik Shueisha dan muncul secara berseri di dalam majalah Weekly Sjonen Jump. Sebuah adaptasi anime juga telah dibuat dan ditayangkan perdana di jaringan televisi Jepang TV Tokyo. Serial anime ini ditangani pembuatannya oleh Artland.
Hak cipta serial ini di Amerika Serikat dimiliki oleh Viz Media dan rating yang didapatnya adalah remaja.
7. Historys Strongest Disciple Kenichi


7.Anime adaptasi dari Kenichi: Sejarah’s Terkuat Murid animasi oleh Tokyo Movie Shinsha pertama mulai ditayangkan pada 7 Oktober 2006. Ditayangkan total lima puluh episode, yang meliputi dari awal cerita konfrontasi terhadap anggota atas Ragnarok. FUNimation saat ini sedang dalam proses dubbing seri. Sejauh ini, 26 episode pertama telah dirilis di DVD. Karena keberhasilan penjualan DVD musim pertama, FUNimation yakin untuk menyelesaikan dan melepaskan sisa seri. FUNimation menegaskan bahwa Season 2 Bagian 1 akan dirilis pada 9 Maret 2010. Dibuat seri televisi Amerika Utara debut ketika ditayangkan di Channel FUNimation mulai 26 Oktober 2009


6. Haime no ippo


6. Fighting Spirit atau biasa disebut Haime no ippo adalah manga tentang seorang petinju dan diciptakan oleh Joji “george” Morikawa dan di serialkan oleh Kodansha di Weekly Shonen Magazine. Manga ini telah berjalan sejak tahun 1989, meliputi 90 Tankōbon dan 76-episode anime dibuatnya, yang berjudul Hajime no Ippo: The Fighting! diproduksi oleh Madhouse, Nippon TV Network dan VAP, disutradarai oleh Satoshi Nishimura dan dijalankan di Nippon TV Network dari Oktober 2000 sampai Maret 2002. Pada akhir 2003, anime ini dilisensikan di Amerika Utara oleh Geneon.


5. Full Metal Alchemist


5. adalah sebuah anime dan manga karya Hiromu Arakawa. Fullmetall Alchemist diterbitkan dalam majalah manga Monthly Shonen Gangan sejak tahun 2002 dan dalam bentuk tankobon oleh Square Enix. Di Indonesia, komik ini diterbitkan Elex Media Komputindo sejak Mei 2007.


4. Fairy Tail


4. adalah seri manga yang dibuat dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Seri ini diterbitkan di Weekly Shōnen Magazine sejak 23 Agustus 2006, dan saat ini masih berlanjut. Bab-bab manganya sudah dikumpulkan, dan diterbitkan dalam buku tersendiri (tankobon). Di Indonesia sendiri sudah ada 5 volume yang dirilis.
Plot : Seorang penyihir muda, Lucy Heartfilia, berkelana ke negara Fiore untuk bergabung dengan Fairy Tail Guild. Saat dalam perjalanan, ia bertemu dengan Natsu Dragneel, seorang pemuda yang tengah mencari naga bernama Igneel, bersama sahabatnya, Happy. Beberapa saat setelah pertemuan mereka, Lucy ditipu oleh Bora of Prominence, yang menyamar sebagai Salamander dari Fairy Tail, untuk dijual sebagai budak. Natsu menyelamatkan Lucy dan memberitahunya bahwa ialah Salamander yang asli dan memiliki kemampuan sihir Fire Dragon Slayer. Natsu menawarkan Lucy untuk bergabung dengan Fairy Tail, yang diterima Lucy dengan senang hati, dan mereka tergabung dalam tim untuk menjalankan berbagai misi untuk guild Fairy Tail


3. One Piece


3. adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Hingga 2009, lebih dari 552 cerita dan 54 jilid versi manganya telah diterbitkan. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke-51. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 312 episode di Jepang. Selain itu, delapan film layar lebarnya juga telah beredar.


2. Bleach


2. Manga Bleach pertama kali diterbitkan bulan Agustus 2001 dalam mingguan Shonen Jump terbitan Shueisha. Sampai tanggal 26 Mei 2007, sebanyak 276 bab sudah diterbitkan (rata-rata sekitar satu bab per minggu). Manga ini juga sudah dikompilasi ke dalam 27 volume tankōbon, juga diterbitkan Shueisha. JiliD pertama dari manga ini terjual lebih dari 1,25 juta kopi di Jepang. Pada tahun 2005, Bleach mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award dalam kategori manga shōnen.

Then … THE BEST SELLER !!!
1. Naruto


1. adalah manga dan anime karya Masashi Kishimoto. Bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya. Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump). Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime,animax, pada 3 oktober 2002 sampai sekarang.


INFO

TOP MANGA BEST SELLER 2011

50 Best Seller Manga 2011

... Oricon merilis rangking top selling manga di tahun 2011, dan One Piece memuncaki rangking dengan selisih jauh sekitar 30 juta kopi dengan ranking kedua yang diduduki naruto!. Yang lebih hebat lagi penjualan One Piece hampir menyamai total penjualan manga-manga top 10 lain bila digabungkan (rank 2-10). hampir seluruh dari top 20 manga merupakan manga-manga shonen jump, rangking ini bedasarkan penjualan pada november 2010-november 2011

Berikut rankingnya

1. One Piece [37,996,373]
2. Naruto [6,874,840]
3. Ao no Exorcist [5,223,712]
4. Fairy Tail [4,701,596]
5. Toriko [4,665,634]
6. Gintama [4,415,491]
7. Bakuman [4,399,938]
8. Bleach [4,187,258]
9. Kimi no Todoke [4,109,481]
10. Gantz [4,056,981]
11. Shingeki no Kyojin [3,766,194]
12. Sket Dance [3,157,012]
13. Hunter×Hunter [2,922,876]
14. Nurarihyon no Mago [2,853,552]
15. Beelzebub [2,607,474]
16. Saint Oniisan [2,597,768]
17. Kateikyoushi Hitman Reborn [2,550,542]
18. Giant Killing [2,464,282]
19. Meitantei Conan [2,120,091]
20. Deadman Wonderland [1,853,198]
21. Fullmetal Alchemist [1,848,586]
22. Uchuu Kyoudai [1,800,132]
23. Ahiru no Sora [1,739,105]
24. Kuroko’s Basketball [1,712,983]
25. Ace of Diamond [1,711,607]
26. Chihayafuru [1,667,296]
27. March Comes in Like a Lion [1,640,891]
28. The World God Only Knows [1,494,817]
29. Hayate no Gotoku [1,481,743]
30. Kuroshitsuji [1,426,621]
31. Arakawa Under The Bridge [1,363,850]
32. Kyou, Koi wo Hajimemasu [1,310,002]
33. D.Gray-man [1,296,975]
34. Kekkaishi [1,281,128]
35. Suki Desu Suzuki-kun!! [1,264,317]
36. Soul Eater [1,264,217]
37. Natsume Yuujinchou [1,234,679]
38. Nodame Cantabile [1,111,747]
39. Medaka Box [1,111,444]
40. Mahou Sensei Negima! [1,103,573]
41. Ookiku Furikabutte [1,097,910]
42. Switch Girl!! [1,095,914]
43. To Love-Ru Darkness [1,067,988]
44. Hajime no Ippo [1,054,421]
45. Usagi Drop [1,042,526]
46. Shin Prince of Tennis [1,024,406]
47. Real [1,020,367]
48. Thermae Romae [1,006,323]
49. Nichijou [1,005,300]
50. Sukitte Ii Na Yo [960,150]

6 komentar:



  1. ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =085=319=486=059 KY PANGANDARANG DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,

    Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
    Contoh format nama dan kirim pulsa 100 ribu ke nomor 0853-1948-6059 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
    KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKY PANGANDARAN akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS KY PANGANDARANG Call / Sms 0853-1948-6059

    . GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

    angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/

    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

    angka GHOIB; laos 4D/6D/8D

    angka GHOIB; thailan

    angka GHOIB; macau

    angka ghoib; sidney

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.YOHANES seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada MBAH WIJAN atas bantuannya. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH WIJAN pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil tembus.sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 30rb dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual MBAH WIJAN saya sudah buka usaha peternakan ayam dan istri saya juga buka warung makan dirumah. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS MBAH WIJAN di nomor hpnya di: 0823--1184---3445 atau,siapa tahu anda akan menjadi pemenang berikutnya, SAYA CUMA SARANKAN SAJA,

    BalasHapus
  3. Anime Kenichi: The Mightiest Disciple dimanga ada charakter pencaksilat anime bagus .. slam kenal
    Irawan diklaten

    Blog ini masih aktif gak ya?

    BalasHapus
  4. AYO TUNGGU APALAGI, Mencoba keberuntungan di "hokibandarQ". Dengan deposit minimal Rp. 25.000 bisa jadi jutaan loh.
    Ayo buruan klik jangan ragu jangan malu buat jadi kaya gak perlu ragu.
    Ditunggu kedatangan nya bos ku Terima kasih Salam HokibandarQ

    HokibandarQ
    BandarQ
    Bandar66
    DominoQQ
    Capsa Susun

    BalasHapus
  5. PROMO CASHBACK BANK ONLINE INDOKARTU

    Untuk anda yang Menginkan Deposit dengan tambahan bonus yang besar dengan bank tertentu bisa hubungi kami di Indokartu.
    karna kami menyediakan beberapa bonus yang tidak bisa anda lewatkan. Seperti :
    - PROMO CASHBACK BANK ONLINE
    - BONUS MINGGUAN 0.5% DARI INDOKARTU
    - BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU
    Join bersama kami dan menangkan semua bonusnya di :
    WA : 081333366766
    atau langsung di Livechat kami Indokartu.biz

    CARA BERMAIN DOMINO 99

    BalasHapus
  6. Segera bergabung bersama kami S128Cash, Situs Agen Judi Online Terpercaya 2019.
    Kami siap memberi pelayanan terbaik 24 jam NONSTOP dan hanya dengan minimal deposit Rp 25.000,- Anda sudah bisa bermain semua permainan yang disediakan.
    Berikut Permainannya :
    - Sportbooks
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - IDN Poker
    - Slot Games Online
    - Tembak Ikan Online
    - Klik4D

    Untuk kelebihan S128Cash tidak perlu Anda khawatir lagi, seperti :
    - DEPOSIT & WITHDRAW MINIMAL Rp 25.000,-
    - SEMUA TRANSAKSI HANYA BUTUH KURANG DARI 2 MENIT
    - SIAP MELAYANI 24 JAM / 7 HARI NONSTOP
    - UNTUK SISTEM KEAMANAN SEMUA VERSI TERBAIK & SANGAT TERJAMIN !!
    - DI SUPPORT SEMUA BANK LOCAL INDONESIA ( TIDAK ADA JAM OFFLINE )
    - MENYEDIAKAN DEPOSIT VIA OVO, GOPAY dan PULSA.

    Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Segera bergabung, JANGAN SAMPAI KESEMPATAN KEMENANGAN ANDA TERLEWATKAN !!

    Hubungi Kami :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Judi Bola

    Daftar Agen Judi Bola Resmi

    BalasHapus